3 Merek Jepang Ini Jor-joran di RI, Takut Motor Listrik?

3 Merek Jepang Ini Jor-joran di RI, Takut Motor Listrik?

Foto Kolase Motor Honda Scoopy, Suzuki Burgman street 125 ex, dan Yamaha Mio M3. (Dok. Honda, Suzuki, Yamaha)

Pabrikan motor semakin ekspansif memperbarui line up motornya di tahun 2023. Catatan CNBC Indonesia, satu pabrikan seperti Honda saja setidaknya memperbarui 6 motor di semester II tahun 2023 ini. https://betslots88.store/ Tidak ketinggalan, Yamaha dan Suzuki pun juga enggan kalah dengan memperbarui motor-motor baru mereka.

Ketiga pabrikan motor Jepang itu seakan ingin terus bertahan dan terus menguasai pasar di tengah gempuran motor listrik yang banyak dirakit di lokal. Ada yang merilis motor dengan spesifikasi baru, namun ada juga yang hanya memperbarui tampilan eksterior seperti warna.

Yamaha

PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) menjadi pabrikan motor terbaru yang memperbarui line up kendaraannya, memang bukan perubahan total dalam spesifikasi, melainkan hanya menghadirkan warna baru. Pada awal pekan ini, Yamaha menghadirkan warna baru untuk Yamaha Mio M3, khususnya pada kombinasi warna dan grafis. Seakan tidak puas, Yamaha juga bakal merilis motor baru besok Sabtu (9/12/23), namun belum diketahui secara pasti motor apa yang dirilis.

Adapun Yamaha Mio M3 hadir dengan kombinasi huruf “M” dan “125” yang diperjelas, Yamaha ingin menunjukkan Mio M3 memiliki kubikasi mesin yang lebih besar di kelasnya (125cc). Kombinasi huruf ini dipadukan dengan warna yang lebih fresh dan tampil beda.

Sebelumnya pada 25 Oktober lalu Yamaha merilis All New Aerox 155 dengan banderol Rp 27.175.000 untuk tipe standard dan Rp 27.375.000 untuk varian warna spesial Cyber City. Pembaruannya terdiri dari 4 pilihan warna, yaitu Dull Blue Orange, Silver Cyan, Red White dan Black Grey. Nampak stripping berkarakter tajam dengan pilihan warna-warna mencolok bergradasi yang terdapat pada seluruh bagian body motor.

5 Oktober 2023 lalu, Yamaha juga merilis 5 varian terbaru Yamaha Lite Version dari kategori MAXI & Classy, yaitu terdiri dari NMAX 155 S, AEROX 155 Standard & AEROX 155 Cybercity. Lalu Grand Filano Neo Hybrid dan Fazzio Neo Hybrid untuk kategori Classy.

Kehadiran 5 varian baru pada kategori MAXI dan Classy ini semakin melengkapi jajaran line up kedua kategori tersebut. Untuk varian dengan fitur Connected masih tersedia bagi konsumen yang menginginkan fitur yang lengkap dari kategori MAXI & Classy. Perbedaan varian terbaru Lite Version dengan yang lainnnya yaitu hanya tidak disematkan fitur Y-Connect, namun tetap memiliki keunggulan teknologi dan fitur canggih serupa dengan model Connected seperti Smart Key pada NMAX Connected/S, Grand Filano Hybrid & Fazzio Hybrid.

Berikut harganya:

MAXI
– Yamaha NMAX 155 Smart Key Rp. 32,625,000,-
– Yamaha AEROX 155 Cybercity Rp. 27,375,000,-
– Yamaha AEROX 155 Standard Rp. 27,175,000,-

CLASSY
– Yamaha Grand Filano NEO Hybrid Rp. 26,750,000,-
– Yamaha Fazzio NEO Hybrid Rp. 22,400,000,-

Oktober menjadi momen yang sibuk bagi Yamaha karena dua hari sebelumnya di 3 Oktober juga melahirkan warna baru untuk Jupiter Z1 yakni Metallic Black, Metallic Red, dan Metallic Cyan dikombinasikan dengan grafis berkarakter.

Motor ini juga memiliki sistem saluran udara (air flow system) untuk menunjang tingkat aerodinamis. Sirkulasi udara seperti ini pun membuat suhu mesin tetap optimal. Lalu untuk penerangan didukung oleh double head lamp serta tail light. Banderol motor ini adalah Rp 19.790.000 on the road Jakarta.

Honda

Honda menjadi brand motor yang sangat dibicarakan di akhir tahun ini, bukan karena inovasi dan teknologi, melainkan kasus rangka eSAF yang patah secara berjamaah atau ramai di kalangan penggunanya. Meski dilanda kasus hingga menarik perhatian regulator, namun Honda tetap ekspansif dalam merilis motor-motor baru.

Pada 21 November lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan pilihan warna terbaru bagi skutik premium New Honda PCX160. varian warna terbaru untuk tipe CBS yaitu Marvelous Matte Silver yang hadir dengan kombinasi warna Silver di body bagian atas dan hitam di bagian bawah. Pilihan warna teranyar ini melengkapi varian Magnificent Red, Wonderful White, Brilliant Black, dan Royal Matte Blue yang telah hadir pada tipe CBS.

Sedangkan untuk tipe ABS, warna terbaru yaitu Ultimatte Matte Brown dihadirkan dengan kombinasi warna coklat pada bodi bagian atas dan hitam di bagian bawah. Pilihan ini hadir melengkapi varian warna lainnya yaitu Majestic Matte Red, Wonderful White, Imperial Matte Blue, dan Glorious Matte Black.

New Honda PCX160 mengadopsi mesin berkapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power plus (eSP+), berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm.

Dibanderol harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 32.670.000,- untuk tipe CBS dan Rp 36.085.000,- untuk tipe ABS, model ini juga dilengkapi dengan garansi rangka hingga 5 tahun tanpa batas jarak tempuh (kilometer).

AHM juga merilis New Honda Scoopy pada semester II 2023 ini, teparnya pada 25 Oktober 2023. Yang unik, AHM juga menambah masa garansi rangka baru dari semula 1 tahun menjadi 5 tahun tanpa batas jarak tempuh (kilometer).

New Honda Scoopy varian Sporty hadir dengan pilihan warna Sporty Red dan Sporty Grey, sementara untuk varian Fashion hadir dengan warna Fashion Blue dan Fashion Brown, kedua varian tersebut dijual dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp21.975.000. Varian Stylish dengan pilihan warna Stylish Red dan Stylish Green serta varian Prestige dengan pilihan warna Prestige White dan Prestige Black hadir dengan harga OTR DKI Jakarta Rp22.780.000.

Di ajang GIIAS 2023, AHM resmi meluncurkan sepeda motor listrik Honda EM1 e: Honda EM1 e: yang dilengkapi baterai MPP e: dipasarkan dengan harga sekitar Rp 40 juta – Rp 45 juta (Honda EM1 e: Rp 30 juta – Rp 33 juta + baterai MPP e: Rp 10 juta – Rp 12 juta). Sepeda motor listrik berdesain modern-compact ini akan dijual pada jaringan dealer sepeda motor Honda yang memiliki logo Honda e: shop. Honda EM1 e: mulai didistribusikan ke konsumen pada Desember 2023.

AHM juga memperbarui tiga motor lainnya yakni New Honda Vario 160, New Honda Genio dan New Honda ADV160 pada semester II 2023 ini.

Suzuki

Suzuki menjadi brand motor yang kurang begitu agresif jika dibandingkan pabarikan lainnya seperti Yamaha dan Honda. Sepanjang Semester II 2023 ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya merilis satu motor baru yakni Burgman Street 125EX di IMOS+ (Indonesia Motorcycle Show) 2023.

Motor ini dilengkapi teknologi mesin Suzuki Eco Performance Alpha (SEP-α), dimana sepeda motor ini menjadi produk pertama milik Suzuki yang disematkan teknologi SEP-α di Indonesia. Dengan adanya teknologi ini, membuat Burgman Street 125 EX memiliki fitur Engine Auto Stop-Start (EASS) yang membantu mengurangi konsumsi bahan bakar sekaligus membuat pengoperasian mesinnya lebih senyap. Selain itu, sepeda motor ini juga memiliki Silent Start System yang membuat Burgman Street 125EX lebih halus dan senyap ketika dinyalakan.

Dilengkapi dengan kapasitas bagasi yang besar, tempat duduk yang mewah dan nyaman, USB charging port, LED headlight dan rearlight, serta panel instrumen full-digital. Diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia dengan beragam fitur dan teknologi canggih yang dimiliki, Burgman Street 125EX dipasarkan dengan harga Rp 24.700.000,- (harga on the road DKI Jakarta, terdapat perbedaan harga pada wilayah lain) dan sudah bisa dipesan oleh pengunjung IMOS+ 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*