Bikin Kaya! Inilah Lapangan Kerja Dengan Upah Paling Tinggi

Seorang anggota Tim Manajemen Insiden mengoordinasikan pencarian kapsul radioaktif yang hilang saat transit oleh kontraktor yang disewa oleh Rio Tinto, di Kompleks Layanan Darurat di Cockburn, Australia, dalam foto selebaran tak bertanggal ini. (Department of Fire and Emergency Services/Handout via REUTERS)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan rata-rata upah buruh di Tanah Air tercatat sebesar Rp 2,94 juta per bulan per Februari 2023. Angka ini naik 1,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 2,89 juta per bulan.

Jika dilihat berdasarkan lapangan pekerjaan ternyata sektor real estate menempati posisi pertama sebagai https://188.116.26.232/ upah buruh paling besar yakni mencapai Rp 4,82 juta.

Sementara urutan kedua diikuti oleh Jasa keuangan dan Asuransi dengan rata-rata upah buruh sebesar Rp4,81 juta. Rata-rata upah buruh di sektor pertambangan dan penggalian tercatat sebesar Rp4,59 juta pada Februari 2023.

Sementara, upah buruh paling rendah terdapat di sektor jasa lainnya, yakni Rp1,79 juta. Di atasnya ada sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan dengan rata-rata upah buruh senilai Rp2,06 juta.

Menurut jenis kelaminnya, upah buruh laki-laki sebanyak Rp3,23 juta pada Februari 2023. Angka tersebut tercatat lebih tinggi dari upah perempuan yang sebesar Rp2,42 juta.

Sementara jika dilihat berdasarkan tingkat pendidikan, buruh lulusan universitas menerima upah paling besar, yakni Rp4,46 juta. Sementara, upah buruh lulusan Sekolah Dasar (SD) ke bawah menjadi yang terendah senilai Rp1,90 juta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*