Harta Rp29 T, Orang Zimbabwe Ini Masuk Deretan Terkaya Dunia!

Strive Masiyiwa, pendiri dan ketua Econet Wireless Global Ltd., berbicara dalam Forum Ekonomi Baru Bloomberg di Singapura, Selasa, 15 November 2022. Forum Ekonomi Baru diselenggarakan oleh Bloomberg Media Group, sebuah divisi dari Bloomberg LP, perusahaan induk Bloomberg News. (File Foto - Bryan van der Beek/Bloomberg via Getty Images)

Strive Masiyiwa menjadi satu-satunya orang Zimbabwe yang masuk ke dalam jajaran miliarder atau orang terkaya pilihan Forbes, media internasional asal Amerika Serikat.

Masiyiwa mengawali karir di ZPTC, sebuah perusahaan telokomunikasi di Zimbabwe setelah menamatkan studi di salah satu universitas di Inggris.

Pria berusia 62 tahun ini memiliki kekayaan US$ 2 miliar atau setara Rp 29,8 triliun (Kurs Rp 14.899/US$) pada 2023. Dengan harta yang dimilikinya itu, menempatkan dirinya sebagai satu-satunya orang terkaya di dunia asal Zimbabwe pada urutan ke-1.575.

Setelah berkarir di ZPTC, Masiyiwa kemudian mendirikan perusahaan jasa teknik. Namun kemudian perusahaan tersebut dijual dan kemudian mendirikan Econet Wireless Zimbabwe pada 1998.

Dalam meluncurkan perusahaan telepon selulernya itu, Masiyiwa harus melawan pemerintah setempat di pengadilan selama bertahun-tahun.

Kini, Masiyiwa memiliki lebih dari 50% saham Econet Wireless Zimbabwe yang diperdagangkan secara publik, yang masuk di bawah naungan Grup Econet yang dimilikinya.

Selain itu, Masiyiwa juga memiliki lebih dari setengah perusahaan swasta Liquid Telecom, yang menyediakan layanan serat optik dan satelit untuk perusahaan telekomunikasi di seluruh Afrika.

Aset lainnya yang dimiliki Masiyiwa yakni saham di jaringan telepon seluler di Burundi dan Lesotho, serta investasi di perusahaan fintech dan distribusi listrik di Afrika.

Dia dan istrinya Tsitsi mendirikan Higherlife Foundation, yang mendukung anak-anak yatim piatu dan miskin di Zimbabwe, Afrika Selatan, Burundi, dan Lesotho.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*