Jangan Khawatir Byarpet, Pasokan Listrik Saat Lebaran Luber!

Melihat Gardu Induk 150kV Kendari. CNBC Indonesia/Muhammad Sabki

PT PLN (Persero) memproyeksikan pasokan listrik nasional pada saat periode hari libur dan cuti bersama Lebaran Idul Fitri 2023 bakal berlebih. Pasalnya, kebutuhan listrik saat hari raya Idul Fitri justru akan menurun.

Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto memastikan keandalan pasokan listrik di seluruh pembangkit yang dikelola perusahaan. Bahkan, sistem kelistrikan nasional saat ini dalam kondisi aman dengan cadangan daya yang lebih besar daripada kapasitas pembangkit terbesar yang beroperasi.

“Pada saat Lebaran nanti daya listrik akan berkurang kira kira sebesar 27%,” ujar Adi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (11/4/2023).

Menurut Adi, pengurangan konsumsi listrik sebesar 27% itu terjadi sehubungan dengan industri-industri yang berhenti beroperasi atau libur saat periode hari libur dan cuti bersama Idul Fitri, sehingga pengurangan konsumsi listriknya pun cukup signifikan.

“Berkurangnya cukup jauh pak 27%, sehingga cadangan daya di masing-masing daerah lebih cukup lagi,” kata dia.

Lebih lanjut, Adi menyebut pada saat hari raya Idul Fitri, pihaknya juga melakukan pembatasan pekerjaan yang berpotensi menimbulkan adanya gangguan. Selain itu, PLN juga melakukan pengamanan terhadap pasokan energi primer untuk kebutuhan pembangkit listrik.

“Kami juga meningkatkan keandalan pada instalasi pembangkit transmisi dan distribusi dengan melakukan¬†assessment¬†pemeliharaan untuk memastikan kondisi transmisi dan gardu induk aman,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*