Tiba di Mesir, Kapal Rumah Sakit TNI Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

JAKARTA, KOMPAS.com – Kapal bantu rumah sakit (KBRS) milik TNI AL, KRI Radjiman Wedyodiningrat-992, yang membawa bantuan kemanusiaan telah tiba di Pelabuhan El Arish, Mesir pada Selasa, 13 Februari 2024, waktu setempat.

Kedatangan KRI Radjiman beserta Satuan Tugas Port Visit Mesir 2024 itu disambut Deputy Chief Mission (DCM) M. Zaim A. Nasution dan Atase Pertahanan (Athan) RI untuk Kairo Kolonel (Kav) Aria Sanggita Saleh.

Bantuan kemanusiaan tersebut selanjutnya diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir atau Egyptian Red Crescent (ERC), Ahmed Buhaeri Ali.

“Bantuan kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah dan rakyat Indonesia, diharapkan dengan bantuan ini dapat membantu dan meringankan para korban konflik Gaza,” kata Komandan Satgas Port Visit Mesir 2024, Laksamana Pertama Sumarji Bimoaji dikutip dari siaran pers Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), Selasa.

Rencananya, bantuan akan dibawa masuk ke Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah dan disalurkan kepada para korban konflik.

Diketahui, KRI Radjiman secara simbolis dilepas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala Staf TNI AL Laksamana Muhammad Ali dari Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara pada Kamis, 18 Januari 2024.

Prabowo mengatakan, Indonesia akan berkoordinasi dengan pemerintah Mesir, apakah KRI Radjiman dan para personel bisa bertahan selama beberapa hari untuk membangun rumah sakit lapangan.

“Kita masih negosiasi, apakah mereka bisa bertahan di situ untuk melayani, tapi karena pertimbangan beberapa hal kemungkinan mereka (para personel) kembali setelah mengantar bantuan,” ujar Prabowo usai melepas KRI Radjiman.

Bantuan yang dikirimkan berupa makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, hingga perlengkapan ibadah dengan membawa 214 personel yang tergabung dalam Satgas Muhibah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*